Wednesday, February 22, 2017

Apa itu meranti bunga ?



Apa itu meranti bunga ?
Meranti bunga merupakan salah satu jenis kayu yang banyak di minati para konsumen.Meranti bunga memiliki nama latin Shorea leprosula Miq.Meranti bunga banyak di minati konsumen karena kwalitasnya yang bagus,yakni meskipun ringan tetapi jenis kayu ini tidak di makan bubuk,rayap atau teter sehingga bisa tahan lama.hal inilah yang membuat meranti bunga lebih unggul di banding kayu ringan lainnya.

Meskipun ringan,Meranti bunga atau meranti kembang memiliki tekstur serat yang bagus,ketika masih muda berwarna putih dan ketika tua warna olahannya merah menyala.Seperti telah di sebutkan sebelumnya,Selain memiliki keunggulan berupa tidak di makan teter atau rayap,Meranti bunga juga tahan terhadap cuaca. Itu sebabnya perumahan di jambi banyak yang memakai bahan papan dari meranti bunga olahan.

Di jambi ,Meranti bunga banyak peminatnya.Biasanya rumah-rumah tradisional di jambi yang di kenal dengan sebutan rumah panggung,Banyak menggunakan papan meranti bunga sebagai dinding rumah.Daerah –daerah di kabupaten tanjung jabung barat,tanjung jabung timur dan sebagian di kabupaten Batanghari mayoritas masyarakatnya memakai papan meranti bunga untuk bangunan rumah tradisional yang di sebut rumah panggung tersebut.

Sebenarnya banyak sekali papan berkwalitas di jambi selain meranti bunga yang bisa di jadikan sebagai papan untuk dinding rumah panggng seperti balam,ulin atau bulian,tetapi untuk kwalitas bagus dengan harga yang terjangkau pilihan yang tepat adalah meranti bunga.
 Harga pasaran di jambi untuk meranti bunga berbagai macam ukuran perkubik berkisar antara Rp.2.500.000,00 sampai Rp.2.600.000,00.Biasanya rumah panggung yang memiliki panjang rumah sepuluh meter,sehingga membutuhkan papan meranti dengan panjang lima meteran.

Ada istilah tersendiri di jambi,Bila dinding rumahnya belum terbuat dari papan meranti bunga itu sama aja dengan belum punya rumah,karena warna meranti bunga yang merah menyala menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat jambi pada umumnya.

Rata-rata rumah kayu atau rumah panggung di jambi memakai tiga jenis kayu olahan.Untuk dindingnya memakai papan meranti bunga (Shorea leprosula Miq),Untuk tongkat dasar dan tiangnya memakai kayu ulin atau bulian (eusideroxylon zwageri),Sedangkan untuk kaso,reng,dan balok nya memakai kayu punak (tetramerista glabra Miq).Itulah sebabnya selain laris di pasaran nasional,ketiga jenis kayu tersebut juga laris di daerah asalnya. . .

Oh ya apakah para pembaca dimanapun anda berdomisili  tertarik dengan ketiga jenis kayu di atas?
Saya memiliki stok yang bagus dengan pilihan harga yang terjangkau,Melayani area jambi dan kota-kota lainnya.Silahkan kunjungi lapak dagangan saya dengan cara  Klik di sini 

Selamat membaca semoga artikel ini bermanfaat dan membawa kebaikan bagi kita bersama..
kalau ingin tanya-tanya bisa kunjungi lapak dagangan saya atau tanya jawab di kolom komentar di bawah . .
salam erat,

No comments:

Post a Comment